cavoex

catatan pribadi

HABBATUSSAUDA

HABBATUSSAUDA( Black seed/Nigella sativa)

Apa itu Black seed

Tumbuhan herba berasal dari daerah Mediterania, dikembangkan diberbagai belahan dunia, di Saudi, Afrika Utara dan sebagian Asia. Bentuknya kecil dan berserabut, berukuran tidak lebih dari 3mm panjangnya, merupakan tumbuhan bunga fennel biasa (Nigella Sativa) keluarga buttercup (Ranunculaceae).

Nigella Sativa mengembangkan dirinya sendiri dan bentuknya kapsul buah yang mengandung banyak seed trigonal putih. Saat kapsul buah tersebut matang, ia akan membBla uka dan seed yang ada didalamnya akan mengudara, berubah menjadi hitam warnanya ( black Seed ). Nigella Sativa dikenal dengan banyak nama, ada yang menyebut Black Caraway, ada juga yang menyebut Black Cumin ( Kalonji ), atau bahkan Coriander Seeds. Dalam bahasa Inggris, tanaman Nigella Sativa terkenal dengan sebutan “Love in a Mist” dan di Persia dengan sebutan Shonaiz.

Nigella Sativa kaya akan kandungan nutrisi Monosaccharides ( molekul gula tunggal ) dalam bentuk glukosa rhamnose, xylose dan arabunose. Juga mengandung non-starch polysaccharide yang berfungsi sebagai serat diet yang sangat berguna. Lima belas asam amino membentuk protein yang mengandung Nigella Sativa Seed, termasuk delapan dari asam amino penting. Asam Amino tidak dapat disintetis secara cukup didalam tubuh kita, sedangkan kita memerlukannya untuk menjaga berat badan. Black Seed mengandung Arginine yang pernting pada masa pertumbuhan. Analisis kimia lanjutan menemukan bahwa Nigella Sativa seed mengandung karotin, yang diubah menjadi liver oleh vitamin A.

Nigella Sativa Seed juga merupakan sumber kalsium, zat besi, sodium dan potassium. Dibutuhkan dalam jumlah sedikit dalam tubuh, fungsi utama elemen-elemen ini memiliki peranan penting dalam membantu bermacam enzim lainnya. Nigella Sativa dan minyak Nigella Sativa kaya asam lemak, terutama asam lemak esensial tak jenuh ( asam Linoleic dan Linolenic ). EFA, terdiri dari asam alfa-Linolenic ( Omega 3 ) dan asam Linoleic ( Omega 6 ), adalah pembentuk sel dan substansi yang tidak dapat dibentuk dalam tubuh dan oleh karena itu harus mendapat asupan atau melalui  makanan yang memiliki kandungan EFA tinggi.

Tentang Black Seed

Selama berabad-abad, minyak dan herba Black Seed telah digunakan oleh jutaan orang di Asia, Timur Tengah dan Afrika untuk menjaga kesehatan. Bentuknya sama seperti biji Wijen, memiliki aroma namun berwarna hitam. Black Seed telah digunakan secara tradisional untuk berbagai keperluan dan penyembuhan penyakit yang berhubungan sistem pernapasan, perut dan saluran pencernaan, gangguan pada lambung dan liver, system kekebalan tubuh dan untuk menjaga kesehatan secara baik.

Sejak tahun 1959, telah lebih dari 200 studi dari Universitas Internasional dan artikel yang dipublikasikan dalam bermacam jurnal ilmiah membuktikan pengakuan terhadap produk yang telah digunakan secara tradisional sejak 1400 tahun yang lalu.

Black Seed kaya akan komposisi kimia yang sangat beragam. Selain kandungan utamanya, crystalline nigellone, Black Seed mengandung 15 macam asam amino, protein dan karbohidrat, keduanya dalam bentuk fixedoils ( 84% asam lemak, termasuklinolenic dan oleic ) dan minyak volatile, alkaloids, saponin dan crude fiber, juga mengandung bermacam mineral seperti : kalsium, sodium dan potassium. Selain itu masih banyak kandungan penting lainnya yang belum teridentifikasi, sementara penelitian terhadap produk ini  masih terus berlangsung diseluruh penjuru dunia.

Sejarah Black Seed

Black Seed ( Nigella Sativa ) ditemukan di daerah pekuburan Tutankhamen, memiliki peranan penting dalam praktek kehidupan Mesir kuno. Walaupun peranan pentinya dalam kehidupan Mesir kuno tidak diketahui secara pasti namun kita tahu bahwa apa yang dilakukan untuk Raja pada saat itu pastilah sesuatu hal yang sangat hati-hati dan terbaik.

Referensi tulisan tentang Black Seed petama kali ditemukan dibuku Isaiah dalam Old Testament. Isaiah menjelaskan “ For the Black Cumin is not threshed with a threshing sledge, nor is a cart wheel rolled over the cumin, but the black cumin is beaten out  with a stick and the cumin with a rod.”  ( Isaiah 28:25, 27 NKJV . Easton’s Bible Dictionary menjelaskan bahwa bahasa Yahudi untuk kata black cumin , “ketsah,” mengacu pada “pasti Nigella Sativa,” merupakan ordo Ranunculaceae yang tumbuh liar di Negara-negara  Miditerania dan dikembangbiakkan di Mesir dan Siria. Dioscoredes, ahli Fisika Yunani di abad ke-1, melaporkan bahwa black seed dipakai untuk mengobati sakit kepala, hidung tersumbat, sakit gigi dan penyakit internis. Selain itu, juga digunakan untuk membantu masa menstruasi dan meningkatkan produksi susu pada ibi menyusui.

Tokoh muslim Al-Biruni (973-1048) yang menggabungkan obat-obatan leluhur India dan Cina menyebutkan bahwa black seed adalah sejenis biji-bijian yang disebut dengan alwanak dalam bahasa Sigzi. Kemudian pernyataan ini dibenarkan oleh Suhar Bakht yang menjelaskan bahwa black seed sebagai habb-1-sajzi (viz. Biji-bijian Sigzi). Referensi “biji-bijian” ini memungkinkan orang menggunakannya sebagai bahan  nutrisi di abad ke-10 dan 11 Masehi.

Dalam system pengobatan di Greco-Arab/Unani-Tibb, yang berasal dari Hippocrates, Galen dan Ibnu Sina, black seed merupakan penyembuh yang bernilai dalam mengobati disfungsi pencernaan dan hepatitis dan digambarkan sebagai stimulant untuk kondisi-kondisi berbeda, pereda demam tinggi.

Ibnu Sina (980-1037) dalam karya terbesarnya “ The Canon of Medicine, ” dianggap banyak orang sebagai buku terkenal di dunia kedokteran, di Timur atau Barat, menyatakan black seed sebagai “ menstimulasi energi di tubuh dan membantu penyembuhan dari kelelahan atau kurang semangat.”

Black seed juga termasuk dalam daftar obat-obat alamiah Al-Tibb al-Nabawi dan menurut tradisi, “Memekai black seed dapat mengobati semua penyakit, kecualikematian.”  Referensi kenabian dalam mendeskripsikan black seed sebagai “penyembuh segala penyakit”  tidak terlalu dibesar-besarkan ketika pertama kali muncul. Penelitian sebelumnya telah menyediakan bukti yang mengidikasikan bahwa black seed  memiliki kemapuan yang nyata dalam meningkatkan system kekebalan tubuh manusia jika digunakan sepanjang waktu. Kalimat Nabi “mengandalkan pemakaian seed”  juga menganjurkan untuk pemakaian seed secara konsisten.

Kandungan Utama

Pada bagian ini akan dipaparkan bahwa masih berlangsung penelitianmedis tentang black seed, satu atau lebih dari kandungan yang lebih aktif dipakai sebagai resep dalam ilmu kedokteran dalam mengobati penyakit tertentu. Dalam hal ini, mungkin saja black seed atau sebagian kandungannya dipakai dan dikombinasikan dengan substansi lain dan menjadikannya obat yang mujarab.

Meskipun ada argument yang menyatakan bahwa jika black seed dikombinasikan dengan unsure kimia lainnya akan menambah efektifitas penyembuhan, kemampuan untuk menyembuhkan yang dimiliki black seed murni tentu layak diperhitungkan. Black seed dalam bentuk olahan dan murni, secara prinsipil membantu proses penyembuhan alamiah dalam menjaga kesehatan. Bekerja pada bagian atau system dalam tubuh tanpa mengganggu keseimbangan alami dalam tubuh.

Efek black seed yang dikombinasikan dengan kandungan nutrisi dan medis tidak hanya membantu menyembuhkan penyakit yang ada pada saat itu, namun juga membantu tubuh untuk membentuk daya tahan tubuh terhadap penyakit atau gangguan lainnya dimasa akan datang.

Sementara bukti histories menunjukkan potensi black seed dalam menyembuhkan berbagai penyakit ringan, berikut kami informasikan sebagai fungsi penyembuh utama black seed yang ditemukan dari penelitian terakhir :

1. Kandungan nutrisi ;

2. Penguat system kekebalan tubuh ;

3. Aktifitas anti-histamin ;

4. Mengobati tumor ;

5. Anti Bakteri ;

6. Menyembuhkan luka radang;

7. Meningkatkan produksi susu pada ibu menyusui.

Khasiat dan kegunaan :

• Membantu mengatasi berbagai penyakit seperti : rematik, asam urat, peradangan tenggorokan, sendi, migraine, exim dan alergi.
• Membantu mengobati gangguan jantung, ginjal, liver, kencing manis, TBC, paru-paru kronis, sesak napas, asma, wasir, insomania dan stroke.
• Membantu menormalkan/menstabilkan kolesterol, darah tinggi dan anemia.
• Membantu mengobati kanker dan membuang racun dalam tubuh.
• Membantu meningkatkan asi dan daya tahan tubuh/imunitas.

31 Mei 2010 - Posted by | Herbal

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: